KEGIATAN BELKAGA DESA KANGKUNG TAHUN 2018

BELKAGA adalah bulan eliminasi Kaki Gajah yang di programkan oleh Pemerintah. Tujuan dari BELKAGA adalah masyarakat terhindar dari penyakit kaki gajah. Selai itu, penyakit kaki gajah  masih belum ditemukan obat untuk penyakit tersebut. Program pemerintah minum obat kaki gajah selama 5 tahun di mulai tahun 2016 sampai tahun 2020.

Di Desa Kangkung terdapat penderita Penyakit Kaki gajah ada 1 orang. selain menjalanakan program pemerintah untuk kegiatan BELKAGA, warga Desa Kangkung juga mengantisipasi agar tidak tertular oleh penyakit Kaki gajah ydari penderita.

Kegiatan Minum obat kaki gajah di lakukan serentak di 7 posyandu Desa Kangkung, yaitu dilaksanakan pada hari Rabu 10 Oktober 2018. Tiap Posyandu sudah mendapat obat dari Puskesmas Mranggen I dan dibungkus untuk warga Desa. Sebelum minum obat tersebut, warga diperiksa dan ditanya ada penyakit Hipertensi, Hamil, ginjal , diabetes, dan Penyakit Jantung. Jika menderita penyakit tersebut tidak diperbolehkan minum obat Kaki Gajah.

Dalam kegiatan BELKAGA, 28 kader posyandu Desa Kangkung dibantu oleh 7 orang Petugas dari Puskesmas Mranggen I, 1 orang bidan Desa dan 7 orang mahasiswa KKN UNNES tahun 2018.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan