PELATIHAN MEMBUAT BUNGA DARI LIMBAH PLASTIK

Berdasarkan hasil riset yang dipublikasikan oleh Jenna R Jambeck yang dilansir dari artikel Kompas tanggal 27 Januari 2016, Indonesia menempati peringkat kedua negara penyumbang sampah plastik laut terbesar setelah Tiongkok.

Hasil riset ini didukung oleh hasil riset Greener      ation yang mengungkapkan bahwa satu orang Indonesia rata-rata menghasilkan 700 kantong plastik per tahun (Kompas, 23 Januari 2016).

Menurut riset terbaru Sustainable Waste Indonesia yang dilansir dari artikel CNN tertanggal 25 April 2018, sebanyak 24% sampah di Indonesia tidak terkelola. Jumlah ini sangat banyak melihat susunan kimia sampah plastik yang sulit diurai. Selain itu, pengelolaan sampah yang ala kadarnya dikarenakan minimnya lahan pembuangan sampah juga menimbulkan masalah baru, yaitu pencemaran udara, tanah, dan dapat menyebabkan kebakaran.

sampah yang dihasilkan dari rumah tangga selalu dibuang di lubang yang telah dibuat oleh warga di pekarangan belakang setiap rumah warga dan dibakar di pekarangan belakang setiap rumah warga.

Belum terdapat bank sampah atau tempat pembuangan akhir sampah yang seharusnya sampah yang dihasilkan dari rumah tangga tersebut dimanfaatkan kembali menjadi barang yang dapat dibuat dengan mudah, efektif, menarik, dan memiliki nilai ekonomis. Pengetahuan masyarakat mengenai pengelolaan sampah masih rendah seperti pengelolaan untuk sampah plastik.

Dinas Kominfo ( Komunikasi dan Informasi) Propinsi Jawa Tengah menjadikan Desa Kangkung sebagai desa binaan tahun 2019. Bidang perempuan Kominfo memberikan skill/ketrampilan kepada kader dan perempuan desa. Tujuan kegiatan tersebut adalag supaya perempuan didesa dapat memanfaatkan limbah menjadi barang yang bernilai guna serta bernilai agar bisa menambah pendapatan rumah tangga.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan