PERINGATAN HUT RI Ke 74 DI DESA KANGKUNG

 

Pemerintah Desa Kangkung menyelenggarakan Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74 di Lapangan sepak bola Desa Kangkung. Peserta upacara terdiri dari semua lembaga desa yaitu: Perangkat Desa, BPD, LKMD, KPMD, RTW, RW, LINMAS, PKK, POSYANDU, BABINKABTIBMAS. Lembaga pendidikan terdiri dari semua PAUD yang ad di desa,  SD N KANGKUNG 1, SD N KANGKUNG 2, SD N KANGKUNG 3, MI, SMP N 2 MRANGGEN, dan MA MIFDA KANGKUNG.

Adapun Tujuan dari perayaan Kemerdekaaan Republik Indonesia adalah:

  1. Merayakan Kemerdekaan
    Tujuan dan makna perayaan 17 Agustus adalah untuk merakayan kemerdekaan akan terbebasnya dari penjajahan, sebelum merdeka Indonesia pernah dijajah oleh beberapa negara seperti jepang, inggris, perancis, belanda, spanyol, dan portugis dengan kurun waktu yang tidak singkat, saat itu masyarakat Indonesia diperbudak tanpa ada rasa kemanusiaan sedikitpun.

    Namun berkat kerja keras dan semangat para pahlawan sehingga Indonesia mampu bangkit dan melawan penjajah dan setiap 17 Agustus masyarakat Indonesia akan memperingati hari penting yaitu hari dimana Indonesia merdeka serta merayakannya dengan bermacam-macam kegiatan.

    2. Mengenang Jasa Pahlawan
    Selain untuk merayakan, tujuan diadakan 17 agustus adalah untuk mengenang jasa para pahlawan yang ikut berperang dalam proses memerdekakan Indonesia, berbicara tentang jasa para pahlawan memang tidak akan ada habisnya, itulah mengapa kita harus selalu mengenang meskipun masa mereka telah berlalu.

    Karena tanpa adanya perjuangan mereka tentu kita tidak akan menikmati kebebasan seperti yang kita rasakan saat ini, dengan demikian kita akan lebih menghargai dan mencintai para pahlawan kita.

    3. Lebih Banyak Bersyukur
    Tujuan diadakan 17 agustus tidak semata-mata untuk bersenang-senang dikarenakan sudah merdeka, tetapi agar masyarakat Indonesia lebih banyak bersyukur karena hari ini sudah bisa hidup merdeka tanpa andanya penjajah, bisa berkarya tanpa adanya batasan, lebih bebas dalam menjalani kehidupan tanpa andanya paksaan.

    Terlebih bagi pemuda pemudi Indonesia yang masih banyak apatis, seharusnya lebih banyak bersyukur karena tidak hidup dizaman dimana Indonesia belum merdeka. Mengapa demikian? Karena dimintai saja untuk berpartisipasi dalam HUT kemerdekaan RI masih enggan, apalagi berperan dalam memerdekakan Indonesia, mungkin mereka hanya akan menjadi benalu dan pencundang.

    4. Lebih Cinta Tanah Air
    Dengan adanya 17 Agustus tentu dapat menyadarkan masyarakat khususnya generasi penerus bangsa agar lebih sadar bagaimana perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan sehingga lebih mencintai tanah air dan pahlawan-pahlawan yang telah gugur dimedan perang.

    Mencintai tanah air bukan semata-mata ikut berpartisipasi dalam merayakan HUT RI, tetapi agar bagaimana lebih menjaga nama baik Indonesia, mencintai produk dalam negeri, menjaga kesatuan bangsa, menjaga kelestarian lingkungan, bangga akan keanekaragaman hayati, bangga akan sumber daya alam yang ada dalam negeri, semua ini merupakan bentuk cinta tanah air.

    5. Menjaga Persatuan
    Seperti yang tertera pada pancasila yaitu sila ke 3 “persatuan Indonesia” dalam hal ini masyarakat Indonesia agar kiranya mampu menjaga persatuan yang dimana tidak ada lagi deskriminasi yang sering terjadi dan lebih mengedapankan sikap toleransi antar sesama sehingga tidak lagi masalah yang dapat menimbulkan perpecahan. Hal ini juga merupakan salah satu sikap untuk menunjukan kencintaan kepada tanah air dan rasa menghargai kepada para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan Indonesia.

    6. Sebagai Ajang Silaturahmi
    Kegiatan ini juga bisa juga dijadikan sebagai ajang silaturahmi agar hubungan sesame warga menjadi lebih harmonis dengan dipertemukannya melalui lomba-lomba yang sudah diadakan. Terlebih bagi penerus bangsa, dalam momen seperti ini harus pandai-pandai memanfaatkan keadaan, jadikan sebagai ajang silaturahmi bukan malah asyik aturan jalan kiri kanan tanpa memberikan manfaat dan hanya merugikan.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan