PELATIHAN MEMBUAT SUSU KEDELAI DAN PUTRI SIRAM

Desa Kangkung Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak merupakan desa yang tersmasuk ke dalam zona merah. Zona merah dalam hal ini berarti desa tersebut termasuk desa miskin. Desa miskin memiliki penduduk yang belum memiliki pekerjaan (pengangguran), rumah yang tak layak huni, dalam perekonomian pun masih dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.  Kemiskinan yang terjadi pada tingkat rumah tangga merupakan masalah kompleks yang harus ditangani secara berkelanjutan. Program pengentasan kemiskinan harus direncanakan dan dilakukan berdasarkan potensi sumber daya yang ada di wilayah setempat.Dalam meningkatkan perekomonian rumah tangga miskin di Desa Kangkung, Pemerintah Desa Kangkung melakukan kegiatan agar warga dapat memiliki ketramtrampilan guna meningkatkan sumber daya manusia sekaligus meningkatkan perekonomian.

Jenis kegiatan yang dilakukan Pemerintah Desa Kangkung adalah Pelatihan membuat susu kedelai dan putri siram. Warga sangat antusias dalam pelatihan tersebut. Pelatihan ini diikuti oleh 30 peserta yang merupakan kepala rumah tangga dari rumah tangga miskin di desa Kangkung. Pelatihan tersebut menjadi motor penggerak bagi warga yang ingin maju dalam meningkatkan sumber ekonomi keluarga dalam kerangka mengurangi angka kemiskinan. Membantu menurunkan jumlah keluarga miskin di Desa Kangkung.

Pemberdayaan rumah tangga miskin melalui pelatihan dan pendampingan membuat susu kedelai dan putri siram dengan memanfaatkan kedelai adalah bagian dari strategi penanggulangan kemiskinan. Kegiatan pemberdayaan ini diharapkan akan mampu memberi kesempatan untuk mengakses usaha ekonomi dengan memanfaatkan potensi desa yang belum terkelola. Diharapkan kelompok sasaran rumah tangga miskin dapat menangkap dan membuka wirausaha bidang produksi susu kedelai dan putri siram baik dilakukan secara kelompok maupun secara perorangan.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan